Jumat, 25 Juli 2008

Tips berkarir di bidang perbankan

1. Jangan pernah berhenti belajar
Belajar disini bisa diartikan secara formal ataupun secara informal. Secara formal bisa dilakukan melalui lembaga internal di Bank itu sendiri (pendidikan dinas terkait dengan jabatan), ataupun melanjutkan jenjang kuliah ke tingkat yang lebih tinggi. Sedangkan secara informal, adalah bagaimana belajar mengerjakan pekerjaan sehari-hari, dan bagaimana memperbaiki kelemahan sistem (bila ada), dan belajar dari orang sekitar agar hasil kinerja kita lebih baik.
2. Buat lingkungan yang mendukung
Keberhasilan karir seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan yang mendukung, dan apabila lingkungan belum mendukung, kita harus mencoba memperbaiki sehingga kita akan betah dilingkungan tersebut.
3. Selalu berpikir positif
Berpikir positif akan membuat kita mengeluarkan energi yang positif pula, yang akan mendorong orang disekitar kita untuk berbuat baik. Dengan berpikir positif, kita akan jernih melihat kemampuan/kompetensi rekan-rekan kerja yang dapat dipergunakan untuk menjalin kerjasama secara efektif.
4. Hati-hati dalam membuat kebijakan
Hati-hati dalam membuat kebijakan, karena kesalahan akibat kebijakan ini memerlukan perbaikan dalam jangka panjang. Dan karena kita bekerja pada Perbankan, kesalahan dalam membuat kebijakan, akan berakibat pada uang, demikian pula halnya menentukan sebuah keputusan. Sesuai undang-undang Perbankan kelalaian yang berakibat pada kerugian uang, dapat dikenakan unsur pidana.
5. Check dan re check
Bekerja di Perbankan, yang segala sesuatunya dapat berakibat kerugian pada uang, segala sesuatu harus dijalankan dengan teliti, hati-hati dan sesuai prosedur.
6. Kenali dan pahami bidang tugas yang sedang diemban.
Masing-masing bidang tugas mempunyai karakteristik sendiri-sendiri, sehingga setiap kali kita harus mempelajari dengan benar, dimana titik kritisnya, serta apakah ilmu yang kita miliki telah mampu menjabat bidang tugas baru tersebut. Jangan pernah malu bertanya, terutama kepada senior yang akan kita gantikan, karena pendapat mereka akan menolong kita dalam memetakan bidang tugas baru tersebut.
Disarankan untuk melamar posisi :
- ODP (officer development program)
- MDP (management development program)
- PPE (program pelatihan eksekutif)
- MT (management trainee)
Contohnya ODP Bank Mandiri, atau PPE Niaga, MDP BCA, atau MT Standard Chartered
ODP, MDP, PPE, atau MT adalah sebutan untuk program yang dipersiapkan bagi fresh graduate, berupa program pelatihan/pengkaderan manajemen selama 1 tahun. Setelah “program” itu selesai, maka bisa langsung menduduki jabatan setara dengan supervisor atau kepala bagian dari fungsi tertentu.
Beberapa program pengkaderan terbaik diantaranya :
ODP Citibank, MT Standard Chartered, dan MDP BCA. Lulusan dari “3 program” itu biasanya diburu oleh bank-bank lain.
Bila ingin menambah peluang diterima di dunia perbankan maka bisa ambil sertifikasi “Wealth Management” dan sertifikasi “Risk Management”, karena dengan memiliki sertifikasi itu, biasanya banyak disukai oleh bank-bank lokal dan asing.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com